Perkembangan Internet dari awal sampai sekarang

Tugas 1

Nama : ZAKARIA AKHMAD UBAIDILLAH

NIM : 100213306153

Mata Kuliah : Jaringan Informasi Digital / Moh. Syafi’i, S.Kom

D3 Perpustakaan

============================================================================================================

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital yang dibimbing oleh Bapak Moh. Syafi’i, S.Kom

Tanpa basa-basi lagi, langsung ke point artikelnya ya….^^

Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.

Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.

Sekian penjelasan singkat mengenai Pengertian Internet.

Tags: .

——————————————————————————————————————————————————————————————————————–

Untuk selanjutnya saya akan membahas tentang sejarah dan Perkembangan Internet, tapi sebelumnya saya akan mengajak anda untuk menonton video sejarah perkembangan Internet yang saya unduh dari youtube.com

Video documentary pendek ini,  berjudul “History of the internet , sebuah video animasi pendek yang menjelaskan konsep asal mula time sharing, file sharing, ARPANET dan internet dengan jelas.

Selanjutnya saya akan membahas tentang Sejarah dan Perkembangan Internet, langsung saja ya…

2. Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

  1. A.    Sejarah Internet

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969

ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.

Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976

Ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.

Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

1993 - InterNIC diciptakan oleh NSF untuk menyediakan layanan Internet tertentu: layanan direktori dan database (oleh AT & T), jasa registrasi (oleh Network Solutions Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics / CERFNET). Marc Andreessen dan NCSA dan University of Illinois mengembangkan antarmuka pengguna grafis untuk WWW, yang disebut “Mosaic untuk X”. Lycos mesin pencari diciptakan, sebagai proyek universitas.
Backbone: 45Mbps (T3) NSFNET, tulang punggung interkoneksi swasta terutama terdiri dari 56Kbps, 1,544 Mbps, dan garis 45Mpbs, ditambah koneksi satelit dan radio – Host: 2.056.000

1994 - Tahun ini melihat tidak ada perubahan besar ke jaringan fisik. Pertumbuhan adalah hal paling penting yang terjadi. Banyak jaringan baru yang ditambahkan ke backbone NSF. Ratusan ribu host baru ditambahkan ke INTERNET selama periode ini. Pizza Hut menawarkan pizza memesan pada halaman Web-nya. Pertama Virtual, yang cyberbank pertama, terbuka. ATM (Asynchronous Transmission Mode, 145Mbps) backbone NSFNET diinstal pada. WebCrawler, Engine Cari teks lengkap pertama diciptakan.
Backbone: 145Mbps (ATM) NSFNET, tulang punggung interkoneksi swasta terutama terdiri dari 56Kbps, 1,544 Mbps, dan garis 45Mpbs, ditambah satelit dan koneksi radio – Host: 3.864.000

1995 - National Science Foundation dihentikan akses langsung ke backbone NSF dari 30 April, 1995. National Science Foundation kontrak dengan empat perusahaan yang akan penyedia akses ke tulang punggung NSF (Merit). Perusahaan-perusahaan ini kemudian akan menjual koneksi ke kelompok, organisasi, dan perusahaan. Biaya tahunan $ 50 dikenakan on domain, termasuk edu dan.. Gov domain yang masih didanai oleh National Science Foundation. Pemimpin industri, setidaknya pada saat itu, Yahoo! dan Altavista didirikan.
Backbone: 145Mbps (ATM) NSFNET (sekarang swasta), tulang punggung interkoneksi swasta terutama terdiri dari 56Kbps, 1,544 Mbps, 45Mpbs, garis 155Mpbs dalam konstruksi, ditambah koneksi satelit dan radio – Host: 6.642.000

1996 - Sebagian besar lalu lintas internet dibawa oleh tulang punggung ISP independen, termasuk MCI, AT & T, Sprint, UUNET, BBN planet, ANS, dan banyak lagi. Saat ini Internet Society, kelompok yang mengendalikan INTERNET, sedang mencoba untuk mencari tahu baru TCP / IP untuk dapat memiliki miliaran alamat, daripada sistem terbatas hari ini. Masalah yang timbul adalah bahwa hal itu tidak diketahui bagaimana baik yang lama dan sistem pengalamatan baru akan mampu bekerja pada saat yang sama selama masa transisi.
Backbone: 145Mbps (ATM) NSFNET (sekarang swasta), tulang punggung interkoneksi swasta terutama terdiri dari 56Kbps, 1,544 Mbps, 45Mpbs, dan garis 155Mpbs, ditambah satelit dan koneksi radio – Host: lebih dari 15.000.000, dan berkembang pesat.

Awal 2000 adalah sangat terhubung dengan gelembung dot-com yang benar-benar menciptakan kegemparan di industri web secara keseluruhan. Menjangkau jutaan penonton tiba-tiba mungkin dengan biaya rendah dan ini membuat oportunis dan kapitalis ventura gila. Banyak dari orang-orang ini benar-benar berbakat tetapi sebagian besar hanya orang-orang dengan ide-ide dan tidak banyak lagi. Mereka pikir mereka dapat membuat beberapa uang cepat dan mudah. Namun, ketika perusahaan-perusahaan besar dengan nama merek yang sudah kuat mulai meluncurkan situs mereka sendiri banyak harapan masyarakat hancur. Mereka hanya tidak memiliki kemampuan untuk bersaing dengan bisnis ini. Gelembung pecah pada Maret 2000 dan pada tahun 2001 deflasi itu dengan kecepatan penuh. Banyak kehilangan semua modal mereka tanpa pernah dibuat keuntungan apapun.

Sebuah laporan yang dilakukan oleh JupiterResearch menunjukkan bahwa 1,1 miliar orang saat ini adalah mengambil keuntungan dari akses reguler ke Internet. Laporan yang sama mengantisipasi bahwa jumlah orang dengan akses online akan meningkat dengan 38 persen antara tahun 2006 dan 2011. Kita hanya dapat mengatakan bahwa masa depan web adalah akan menjadi cerah.

Tags: .

—————————————————————————————————————————————————–

A.    Perkembangan Internet.

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

Berawal pada tahun 1957

Melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960.

Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan Internet Saat Ini:

Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.

Tags: ,.

—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Artikel diatas adalah secuplik informasi tentang Sejarah Perkembangan Internet sampai zaman sekarang, tapi sebelum saya menutup artikel ini, saya ingin memberikan contoh perkembangan Internet pada zaman sekarang yaitu E-Learning. langsung saja ya…

Pada perkembangan internet zaman sekarang kita mengenal contoh yang namanya E-learning. E-learning : Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.  merupakan singkatan dari

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.

E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).

——————————————————————————————————————————————————————————-

Sumber :

- http://www.sejarah-internet.com/

- http://thekingfrost.blogspot.com/2011/10/perkembangan-sejarah-teknologi-internet.html

- http://www.webhostingsearch.com/articles/history-of-internet.php

- http://diansidik.wordpress.com/2006/09/09/sejarah-perkembangan-internet/

- http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s